3 Cara Perawatan Motor Injeksi Agar Selalu Kondisi Prima

Perawatan Motor Injeksi – Memiliki kendaraan sepeda motor termasuk suatu hal yang wajib bagi kalangan-kalangan tertentu. Jika kita memiliki sepeda motor kita harus melakukan perawatan dengan cara yang baik supaya motor yang kita miliki tetep prima dan awet. Walau harga motor saat ini sudah terbilang mahal, akan tetapi tidak menghalangi bagi setiap orang untuk memiliki motor yang sesuai dengan kebutuhan. Dan terlebih lagi sesuai dengan idaman kita pribadi. Untuk sebagian orang mungkin membeli sepeda motor merupakan suatu hal yangterbilang mudah. Tapi, untuk merawat sebuah motor memerlukan biaya yang tidak sedikit. Yaitu mulai dari mengganti Oli setiap bulan sampai mengganti ban ketika ban motor sudah mulai tipis/habis.

Perawatan Motor Injeksi

Hal itu termasuk suatu perawatan motor yang wajib dilakukan untuk setiap pemiliki motor supaya motor bisa selalu digunakan setiap saat. Nah pada kesempatan kali ini, akan diulas mengenai beberapa tips atau cara perawatan motor injeksi, supaya perfoma motor anda selalu tetap prima serta dapat awet tahan lama. Merawat sebuah motor sebetulnya memang sangatlah mudah. Akan tetapi, hal tersebut selalu di kebelangkangkan oleh sebagian orang sebab kesibukan-kesibukannya. Akan tetapi untuk anda yang ingin motor anda tetap awet serta tetap prima dan nyaman pada waktu dipakai, maka sesibuk apapun pasti akan meluangkan waktunya untuk merawat motor anda.

Perawatan Motor Injeksi

Sebenarnya perawatan motor terutama yang menggunakan piranti pengabutan bahan bakar berupa injektor, untuk perawatan motor antara karburator dengan injeksi memang tidak jauh berbeda. Pada dasarnya perawatan motor injeksi ini supaya kinerja dari motor yang anda miliki terutama dengan sistem injeksi kondisinya tetep prima. Kemudian juga untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bagian injektor. Untuk pemilik motor terutama yang menggunakan injeksi apabila motor telah digunakan dan menempuh jarak 2.000 kilometer maka ada beberapa komponen yang harus di ganti supaya tetep prima. Merawat sebuah motor dengan teknologi Injeksi ini memang harus memakai cara-cara tertentu supayaperfoma motor selalu tetap prima. Beikut ini perawatan motor injeksi yang bisa anda terapkan pada motor anda.

Baca Juga  Cara Perawatan AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Nyaman

1. Pakailah Bahan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Memakai bakan bakar beroktan tinggi bisa untuk menyempurnakan pembakaran dalam mesin motor anda. Untuk motor-motor dengan teknologi Injeksi memang lebih baiknya untuk memakai bahan bakar yang beroktan 90 ketas. Hal ini disebabkan oleh kinerja mesin juga akan berpengaruh. Apabilamenggunakan bahan bakar berkualitas rendah dan akan meninggalkan kerak di sistem injeksi. Dan akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin. Kemudian bahan bakar yang berkualitas buruk ditambah dengan oktan booster dan juga spesfikasi yang tidak sesuai akan menyebabkan tersumbatnya pada bagian lubang Injektor.

2. Perhatikan Keadaan AKI

Dengan teknologi injeksi bergantung sekali pada kondisi Aki menjadi penghidup mesin pada sistem pembakarannya. Oleh sebab itu, bagi anda yang punya motor dengan teknologi Injeksi harus sering-sering memeriksa keadaan Aki motornya supayaAki selalu tetap terjaga. Dan apabila air Aki ini kurang, tambahkan dengan Aki air yang bayak terdapat di pasaran. Akan tetapi, jika Aki sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal, dianjurkan lebih baik anda menggati Aki motor Injeksi anda, sebelum Aki benar-benar sudah mengalami rusak.

Baca Juga  Cara Mengkilapkan Body Mobil yang Buram dan Pudar

3. Rutin Mengganti Oli

Untuk perawatan motor injeksi sebaiknya anda mengganti oli setiap 2 bulan sekali atau saat motor sudah menempuh jarak 1.000 km. Dan sebaiknya, jangan sampai mesin motor anda kering, sebab kekurangan pelumas akan menyebabkan terjadinya terganggunya kinerja mesin. Selain itu apabila mesin motor anda sering kekurangan pelumas bisa-bisa mesin motor anda akan gancet dan akan cepat rusak. Sebab sering tekor atau kekurangan pelumas. Selain itu ganti juga oil Gear pada setiap 5.000 km untuk memaksimalkan kinerja Gear motor injkesi anda. Selain itu, anda jangan lupa ganti juga oil shockbeker untuk kenyamanan berkendara anda. Gunakanlah oli terbaik untuk kendaraan anda.

Dengan melakukan beberapa perawatan diatas, motor anda akan tetap terjaga kondisinya, dan pastinya selalu prima. Sehingga anda akan merasa nyaman jika melakukan perjalanan dengan motor anda. Demikianlah ulasan mengenai cara perawatan motor injeksi. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya.

error: Content is protected !!