Cara Perawatan Body Mobil Agar Tetap Kinclong dan Awet

Perawatan Body Mobil – Mobil merupakan kendaraan yang sangat dibutuhkan untuk transportasi, dan mobil merupakan alat yang bisa kita gunakan pada saat lakukan perjalanan. Dengan semakin berkembangnya otomotif mobil menjadikan banyak orang ingin memiliki mobil untuk kebutuhan transportasinya sehari hari. Namun, banyak sekali pengguna mobil yang tidak mengetahui langkah menjaga body atau cat agar selalu tampak bersih, mulus, dan juga awet hingga warna terlihat sirna. Akan tetapi, untuk Anda yang ingin selalu melakukan perawatan sisi luar mobil atau body pastinya begitu mudah seandainya memiliki kebiasaan.

Perawatan Body Mobil

Perawatan mobil dengan berkala seperti halnya masalah mesin, rem, suspensi, kelistrikan dan hal yang bersifat teknis lainnya pasti merupakan hal yang harus anda lakukan. Tujuannya dalam rangka menjaga supaya mobil tetap berjalan dalam kondisi normal. Akan tetapi, pada umumnya para pemilik kendaraan masih banyak yang kurang memperhatikan perawatan bagian bodi eksterior mobil yang dapat menjadikan mobil tetap kinclong serta awet baru. Selain itu dengan melakukan perawatan rutin terhadap bagian luar mobil, ini akan membuat harga jual kembali kendaraan tersebut tetap bersaing jika suatu saat anda ingin menjualnya karena akan membeli mobil baru. Berikut ini tips perawatan body mobil agar tetap kinclong.

Usahakan Memarkir Mobil Pada Tempat Yang Teduh

Apabila mobil terkena sinar matahari yang begitu menyengat pada waktu yang cukup lama. Terlebih lagi di musim kemarau akan bisa merusak bagian cat mobil jadi warnanya tampak menjadi kusam. Tak hanya itu, pada bagian mobil yang terbuat dari karet misalnya wiper, list kaca serta yang lainnya akan gampang sobek serta jadi tidak elastis lagi. Jadi, fungsinya tidak akan optimal lagi.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga All New Nissan X-Trail 2017

Gunakan Sarung Penutup Mobil

Apabila terpaksa harus diparkir pada ruang terbuka yang terkena sinar matahari dengan langsung, dianjurkan menggunakan sarung penutup mobil. Meskipun belum tentu bisa menghindari efek sinar matahari, minimal bisa mengurangi panas serta kotoran debu yang langsung terkena pada bodi mobil. Apabila tidak menggunakan sarung penutup pastikan karet wiper tidak menempel di kaca. Anda dapat menjadikan batang wiper berdiri untuk menghindari karet menjadi keras serta tidak rata sebab menempel di kaca yang panas.

Usahakan Langsung Cuci Mobil Setelah Terkena Hujan

Perawatan body mobil selanjutnya adalah mencuci mobil setelah terkena hujan. Apabila terjadi hujan yang datang dengan tiba-tiba di tengah musim panas, maka airnya memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Selain itu dapat menimbulkan karat begitu cepatapabila tidak langsung dicuci. Oleh sebab itu biasakan cuci mobil setelah terkena hujan. Tak hanya untuk mencegah karat saja, namun juga akan mencegah berkembangya jamur sebab kotoran yang menempel pada bercak air hujan yang selanjutnya mengering. Cukup dengan membilasnya memakai air bersih selanjutnya keringkan menggunakan lap yang cepat menyerap air. Anda juga bisa langsung memasukannya pada tempat pencucian mobil.

Baca Juga  Spesifikasi Dan Harga Mobil Suzuki Grand Vitara Terbaru 2017

Cuci Mobil Dengan Shampo atau Sabun Khusus Mobil

Pakailah sabun atau shampoo yang memang diciptakan spesial untuk mobil saat membersihkan mobil. Sebab lantaran shampo mobil memiliki kadar yang telah disesuaikan dan bermanfaat untuk menjaga cat pada body mobil agar tetap awet. Janganlah mencuci mobil dengan menggunakan deterjen serta sabun colek untuk membersihkan mobil. Karena sabun atau detergen menyebabkan body mobil menjadi semakin tidak tebal dan juga menjadikanya semakin kasar. Lalu banyak yang menunjukkan jika menyuci mobil dengan menggunakan sabun colek dan juga deterjen beresiko pada warna mobil yang menjadi tidak terlihat rata dan juga tak tampak bersih.

Bersihkan Bagian Luar Dengan Lap Halus

Perawatan body mobil selanjutnya yaitu dengan mengelap body mobil dengan lap atau kain yang halus dan lembut. Bersihkan bagian luar mobil dengan menggunakan kain yang halus. Dan biasanya memang telah ada kain yang digunakan khusus untuk lap mobil misalnya saja seperti chamois atau kanibo. Jika Anda tak mempunyai kain Chamois Otolovers dapat menggunakan jenis kain lain yang memiliki bahan halus dan juga lembut. Waktu anda membersihkan body dengan kain lap Anda sebaiknya mongondisikan kain itu pada situasi yang bersih. Sebab jika kain itu kotor dapat menyebabkan bekas-bekas noda dan juga menjadikan warna cat tampak tidak bersih.

error: Content is protected !!