Cara Perawatan AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Nyaman

Cara Perawatan AC Mobil – Salah satu fitur yang ada di bagian interior mobil yang perannya sangat penting untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara dan untuk penumpang yang ada di dalamnya adalah AC. Karena sangat sering dipergunakan, memang sudah selpantasnya perangkat ini untuk dirawat dengan sebaik baiknya. Tujuannya supaya bisa bekerja maksimal dan komponennya juga menjadi lebih awet. Perawatan intensif dan juga pengecekan rutin terhadap perangkat AC lebih baik Anda lakukan di bengkel yang sudah sering menangani masalah pada AC mobil.

Cara Perawatan AC Mobil

Banyak sekali orang yang merasa fitur yang berupa AC mobil mereka sedang bermasalah. Misalnya saja pada bagian AC yang mengeluarkan bau apek atau mengeluarkan bau yang kurang sedap. Selain masalah itu, yang paling sering yaitu pada AC mobil anda menjadi kurang dingin. Masalah-masalah yang dirasakan tersebut pastinya akan cukup mengganggu. Terlebih lagi apabila kondisi cuaca yang memaksa kita memerlukan AC mobil yang sistem kerjanya baik. Berikut ini masalah dan cara perawatan AC mobil agar tetap dingin.

AC Mobil Tidak Dingin

Masalah ini mungkin termasuk masalah yang paling banyak dikeluhkan oleh pemilik mobil. Akan tetapi, jika kita pergi ke bengkel AC mobil yang kurang handal atau kurang terpercaya akan selalu dijelaskan bahwa freon habis kemudian anda disarankan untuk tinggal diisi ulang saja. Padahal jika berdasarkan pengalaman para pemilik mobil, freon tidak akan habis untuk waktu yang lama. Apabila sampai terjadi freon habis, itu artinya terdapat kerusakan atau kebocoran pada sistem pendingin pada kendaraan yang kita miliki. Oleh sebab itu, perlu diteliti dengan lebih lanjut masalah ataupun kerusakan sebelum mengisi ulang freon.

Baca Juga  Ford Focus RS 2017, Akan Segera Muncul Di Pasaran Indonesia

Beberapa kendala atau masalah penyebab AC mobil yang tidak dingin diantaranya yaitu kebocoran pada selang atau pipa AC yang biasanya diakibatkan karena usia. Penggunan part yang kurang baik ataupun tidak original. Kerusakan dalam evaporator serta kondensor yang bisa diakibatkan karena usia. Atau bisa juga terkena benda ataupun terkena kotoran seperti halnya kerikil. Kerusakan yang terdapat pada komponen kompresor. Dan pada umumnya terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin yang mana terdapat pada kompresor AC.

Cara Perawatan AC Mobil

Pada waktu anda sedang mencuci mobil, jangan lupa untuk segera membersihkan kondensor dari kotoran atau debu dengan cara menyemprotnya menggunakan air. Kemudian bersihkan dengan teratur kabin mobil anda. Hal ini bermanfaat untuk mencegah debu dan juga kotoran masuk ke kolong AC serat evaporator yang bisa mengakibatkan bau tak sedap dan AC kurang dingin. Bersihkan juga pada bagian alas kaki, karpet, dan juga di bagian bawah jok dan bagian lainnya memakai vacuum cleaner. Tujuannya agar debu serta kotoran terhisap. Anda dapat memasang filter kabin yang berguna untuk menyaring debu sera kotoran agar tidak terhisap oleh evaporator.

Periksa juga filter kabin dengan berkala pada waktu anda service. Minta mekanik guna membersihkan filter kabin dengan cara disemprot ataupun ganti filter kabin apabila masa penggunaannya telah berakhir. Apabila sistem AC mobil anda memakai extra fan ataupun kipas kondensor. Pastikan untuk mengecek putarannya dengan rutin. Jangan begitu sering membuka jendela pada waktu anda berkendara. Supaya debu dan kotoran dari luar kabin mobil tidak masuk pada bagian dalam kabin. Cara perawatan AC mobil yang tidak kalah penting yaitu hindari merokok di dalam mobil saat AC dihidupkan. Asap rokok yang terhisap pada evaporator bisa menyebabkan kinerja evaporator tidak maksimal.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Mobil Honda Mobilio Terbaru 2017

Gunakan Parfume Mobil dan Selalu Periksa AC

Pakailah parfume yang khusus diproduksi untuk mobil supaya tidak mengganggu sistem AC mobil anda. Pada umumnya banyak orang yang baru memeriksa AC mobil mereka sewaktu AC mobil mengalami masalah atau bahkan rusak. Jadi sebaiknya anda selalu cek AC mobil anda untuk membersihkan pada bagian yang memang harus dibersihkan seperti filter kabin serta mengetahui sejak awal apabila terdapat komponen AC yan rusak. Sebab apabila salah satu komponen dari AC mobil rusak lalu tidak segera diperbaiki, maka akan mengganggu bahkan akan merusak komponen yang lainnya. Perhatikan rpm pada mesin mobil anda pada waktu AC dalam keadaan hidup. Apabila rpmnya terlalu rendah serta tidak sesuai maka akan mempengaruhi dingin atau tidaknya pada AC mobil anda.

error: Content is protected !!