Cara Memasang Ban Mobil Sendiri Dengan Cepat dan Mudah

Cara Memasang Ban Mobil – Bagi para pengendara mobil, tentu masih banyak hal yang sebaiknya dipelajari dalam kenyamanan saat melakukan perjalanan. Antara lain mengenai bagaimana perawatan mobil termasuk cara mengganti ban mobil sendiri. Kegiatan ini begitu penting apabila ban kempes atau bocor mendadak pada waktu di perjalanan. Apabila anda kerap melakukan berpergian memakai mobil pribadi, maka sebaiknya anda mempelajari hal berhubungan dengan mobil yang kita pakai. Paling tidak, kita memiliki pengetahuan dalam menghadapi keadaan yang darurat. Berikut ini cara mengganti ban mobil sendiri dengan cepat dan mudah yang bisa membantu anda jika mengalamio permasalahan dengan mobil anda.

Cara Memasang Ban Mobil

Parkirkan Ke Tempat Yang Aman

Cara memasang ban mobil pertama kali hal yang harus dilakukan pada saat ban tiba-tiba kempes atau bocor yaitu meminggirkan kendaraan anda dengan perlahan pada bagian jalan yang aman. Letakkan pada temp[at lapang yang pastinya punya permukaan yang keras dalam melakukan proses penggantian ban. Sebaiknya anda menepi dengan mendadak, kemudian perhatikan keberadaan kendaraan lain juga. Sesudah itu, jangan lupa menaktifkan rem tangan.

Untuk lampu hazard dan juga pasang segitiga pengaman beberapa meter pada belakang mobil. Apabila sedang ada pada tanjakan ataupujn turunan, maka sebaiknya pakailah kayu atau batu untuk mengganjal ban mobil. Kemudian, jangan lupa menaruh segitiga pengaman pada bagian belakang mobil dan juga menyalakan lampu hazard apabila anda ada di tepi jalan raya.

Baca Juga  Spesifikasi Dan Harga Mobil Suzuki Grand Vitara Terbaru 2017

Siapkan Peralatan Untuk Memasang

Lalu, cara memasang ban mobil sendiri yaitu dengan cara menyiapkan peralatan atau perlengkapan dalam mengganti ban mobil. Sebaiknya anda juga menyiapkan kunci roda, dongkrak serta ban serep atau ban cadangan. Taruhlah barang-barang ini pada tempat yang aman serta bisa mudah dijangkau. Dan ban cadangan, taruhlah pada bawah mobil pada dekat ban akan diganti. Sebaiknya, anda jangan menaruh ban dalam posisi berdiri. Lalu, mulai kendorkan baut ataupun mur roda yang hendak diganti. Lalu, kendorkan saja dan jangan sampai melepas baut dari posisinya. Dalam menegendorkan, putarlah baut dengan arah berlawanan dari arah jarum jam.Kerjakan pada baut dengan cara bersilangan.

Apabila seluruh baut roda yang hendak diganti telah dikendorkan, maka anda bisa mulai mendongkrak mobil anda. Hati-hati pada saat meletakkan titik dongkrak supaya tidak merusak body mobil. Atau mobil bergeser pada waktu sedang mengangkat mobil. Pastikan jugab dongkrak berdiri pada media yang kuat, misalnya saja seperti aspal atau tanah keras. Apabila ragu, anda bisa menambahkan papan ataupun balok kayu yang kuat menjadi alas.

Lepas Baut dan Pasang Ban

Sesudah ban dapat terangkat dari tanah, sebaiknya lepas seluruh baut yang sebelumnya telah dikendorkan. Amankan baut pada tempat yang aman dan jangan sampai baut tersebut menggelinding, terlebih lagi sampai hilang. Lalu, lepas ban mobil dari tempat itu, dan sebaiknya segera letakkan pada posisi yang aman. Pada umumnya, letakkan pada bagian bawah mobil supaya tidak menghalangi jalan. Sekali lagi, taruhlah dalam posisi tidur dan jangan pada posisi berdiri.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Toyota Sienta Terbaru 2017

Selanjutnya, anda bisa ambil ban cadangan yang telah disiapkan lalu pasang ban dan juga pasang juga baut atau mur roda mobil anda. Kemudian kencangkan yaitu dengan cara memutar searah dengan putaran arah jarum jam. Akan tetapi jangan begitu kencang. Pastikan untuk roda mobil keadaannya tidak goyang ataupun koplak lagi terdapat bagian bautnya. Sesudah itu, turunkan dongkrak hingga terlepas kemudian ban menyentuh tanah secara sempurna.

Kencangkan Baut Roda

Selanjutnya baru anda kencangkan baut roda sampai benar-benar sudah terasa kencang. Apabila kunci roda bisa diatur ukuran kekencangannya, maka buatlah supaya baut roda terdapat pada tingkat antara 10 sampai dengan 12 kg. Apabila terlalu kencang, bisa jadi bagian baut roda bisa menjadi patah. Akan tetapi, apabila kurang kencang, bisa berbahaya sebab ban bisa saja terlepas pada saat mobil sedang melaju.

Lalu, bereskan seluruh perlengkapan dan anda bisa meletakkan kembali pada tempat semulanya. Setelah mobil anda bisa berjalan, jangan lupa untuk cepat cepat memperbaiki ban yang tadinya bocor pada tukang tambal ban yang anda lewati atau yang terdekat.

error: Content is protected !!