Mewujudkan Kota Unggul dalam Pelayanan Kesehatan “Inspirasi 60 Tahun Astra”

Kesehatan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia yang harus segera diwujudkan. Pemenuhan kesehatan ini juga merupakan upaya meningkatkan kualitas hidup dalam masyarakat. Kesehatan adalah suatu investasi yang paling mendasar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam pengukuran Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kesehatan merupakan salah satu komponen paling penting selain pendidikan dan pendapatan. Dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan ditetapkan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Kesehatan sanagat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya lingkungan, perilaku dan pelayanan kesehatan. Sementara itu untuk masalah pelayanan kesehatan ada beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya:
1. ketersediaan dan mutu fasilitas pelayanan kesehatan
2. Obat dan perbekalan kesehatan
3. Tenaga kesehatan
4. Pembiayaan dan manajemen kesehatan

Berangkat dari 4 faktor diatas, agar tercipta kota yang unggul dalam pelayanan kesehatan maka mutu fasilitas pelayanan kesehatan harus baik dan keberadaannya merata agar dapat menjamin dan menjangkau kesehatan masyrakatnya. Untuk bisa mewujudkan pelayanan kesehatan yang memadai dan merata maka dibutuhkan sarana dan prasarana kesehatan agar pelayanan kesehatan dapat terlaksana. Fasilitas kesehatan dasar yakni Puskesmas yang diperkuat Puskesmas Pembantu dan Puskesmas Keliling telah dibangun di hampir seluruh kota / wilayah di Indonesia. Saat ini jumlah Puskesmas berjumlah sekitar 7.550 unit, Puskesmas Pembantu 22.002 unit dan Puskesmas keliling 6.132 unit. Sedangkan untuk fasilitas kesehatan yang utama yakni rumah sakit saat ini ada sekitar 2.600 unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Cara Mengganti Oli Mobil Dengan Cepat dan Mudah

Meskipun fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan rumah sakit sudah terdapat di hampir semua kecamatan dan kabupaten/kota, namun pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan hingga saat ini masih menjadi kendala. Fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan rumah sakit belum sepenuhnya dapat dijangkau oleh semua masyarakat, utamanya yang berhubungan dengan biaya dan jarak transportasi dan sistem rujukan pelayanan kesehatan perorangan belum dapat berjalan dengan optimal.

Baca Juga  Inilah List Harga Velg Motor Conrad Racing Terbaru 2016 di Bengkel

Pelayanan kesehatan yang harus dilakukan agar terwujudnya kota yang unggul dalam pelayanan kesehatan adalah meningkatkan pelayanan kesehatan utamanya di rumah sakit yang dikelola langsung oleh pemerintah, mulai dari kelengkapan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan administrasi, dan peningkatan kualitas tenaga kesehatannya dalam hal ini dokter dan perawat.

Selain peningkatan pelayanan rumah sakit, masih banyak upaya penigkatan layanan kesehatan masyarakat lainnya yang bisa dilakukan yakni membangun Puskesmas secara merata dan menyediakan Mobil kesehatan yang kesemuanya itu dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat. Pemerintah kota juga diharapkan dapat menyediakan pengobatan gratis untuk masyarakat-masyrakat yang berada dibawah garis kemiskinan dan memudahkan mereka untuk mendapat pelayanan kesehatan yang terbaik.

Inspirasi 60 Tahun Astra

Inspirasi 60 Tahun Astra

Inspirasi 60 Tahun Astra

Upaya peningkatan kesehatan masyarakat ini juga telah dilakukan oleh pihak PT. Astra Internasional yang pada tahun ini genap berusia 60 tahun, dimana tahun ini membawakan tajuk “Inspirasi 60 Tahun Astra“. Sejak berdiri 60 tahun yang lalu, kegiatan bisnis yang dilakukan astra tidak mengejar profit semata tetapi juga ikut berkontribusi untuk pembangunan bangsa Indonesia di bidang pendidikan, pelestarian lingkungan, pelayanan kesehatan dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah yang mendukung pendapatan ekonomi bagi masyarakat luas. Hal ini sesuai dengan visi, misi dan filosofi “Catur Dharma” yang dijalankan untuk kemudian mencapai tujuannya yakni  “Sejahtera Bersama Bangsa

Untuk pelayanan kesehatan, PT. Astra Internasional memiliki kepedulian yang tinggi mengenai kesehatan masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan pemberian bantuan melalui program-program yang diadakan oleh Astra Grup. Bantuan tersebut berupa Mobil Kesehatan Astra (MOKESA), Pembinaan POSYANDU, dan pemberian donor darah. Untuk Mokesa sendiri sudah membantu pengobatan gratis kepada sekitar 94.296 pasien, Posyandu yang telah di bina sekitar 915 POSYANDU, dan memberikan bantuan kantong donor darah sebanyak 126.452.

Data Pelayanan Kesehatan PT. Astra Internasional Tbk (Sumber: astra.co.id)

Kehadiran program-program pelayanan kesehatan yang diberikan oleh PT. Astra Internasional ini sangat membantu pemerintah kota agar pelayanan keseahatan merata, karena masyarakat  membutuhkan pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau dan bisa mewadahi warga yang kurang mampu dalam berobat. Dengan Hadirnya Mobil Kesehatan Astra (MOKESA), maka diharapkan warga yang kurang mampu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Pengobatan gratis MOKESA, Salah satu bentuk pelayanan kesehatas PT. Astra Internasional

Dengan hadirnya berbagai macam bantuan yang diberikan oleh PT. Astra Internasional dalam bentuk program-program pelayanan kesehatan ini diharapkan akan membantu program pemerintah kota untuk mewujudkan kota yang unggul dalam bidang pelayanan kesehatan, karena bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi agar dapat menerima pelayanan kesehatan. Di Usianya yang ke-60 tahun “Insprasi 60 Tahun Astra” diharapkan perusahaan Astra tetap kokoh dan menjadi perusahaan terbaik yang senantiasa memberikan produk dan pelayanan berkualitas, serta kontribusi untuk membangun perekonomian Indonesia.

error: Content is protected !!