Cara Memperbaiki ECU Mobil yang Bermasalah

Advertisement

Cara Memperbaiki ECU Mobil – Bagi anda anda pemilik mobil injeksi mungkin sudah tak asing lagi dengan yang namanya ECU ini. ECU sendiri memang salah satu komponen penting pada mobil yang hanya terdapat pada mobil jenis injeksi saja. Jadi, untuk mobil non injeksi memang masih belum menggunakan komponen mobil satu ini. ECU sendiri berfungsi untuk mengatur seluruh kinerja dari sistem mobil reboot, meliputi kelistrikan pada seluruh bagian mesin mobil.

Pasti kite sering menemukan banyak sekali mobil yang tiba-tiba mogok ditengah jalan dan tak mau dihidupkan lagi. Nah, salah satu yang menyebabkan mobil mogok tersebut adalah masalah yang terjadi pada ECU ini. Dikarenakan ECU mobil yang mengalami masalah, tentunya hal tersebut akan berdampak pada sistem mobil yang lain. Lebih parahnya lagi, akibat ECU yang bermaslah ini juga akan sebabkan kerusakan pada komponen mobil yang lain. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga dan memperbaiki lebih dini jika memang ada masalah pada ECU. Berikut ini sudah kami rangkumkan cara memperbaiki ECU mobil yang bermasalah untuk anda.

Cara Memperbaiki ECU Mobil

Advertisement

Cara Memperbaiki ECU Mobil yang Bermasalah

Cara Identifikasi Masalah Pada ECU Mobil

Sebelum kita lanjut ke cara memperbaiki ECU mobil yang bermasalah, sebaiknya kiat harus melakukan terlebih dahulu yang namanya identifikasi masalah pada ECU tersebut. Ini diperlukan untuk mengtahui apakah ECU mobil anda tersebut memang mengalami kerusakan atau tidak. Untuk mengetahuinya, anda hanya melakukan hal yang sangat simple yaitu dengan memperhatikan lampu indikator berwarna kuning pada yang terdapat pada dasboard mobil anda.

Baca Juga  Spesifikasi Dan Harga Mobil Kia Visto terbaru 2017
Loading...

Silahkan nyalakan mobil anda dan lihat apakah lampu indikator kuning mobil cepat mati atau tidak. Jika ketika mobil dinyalakan dan lampu indikator kuning cepat mati, itu artinya ECU mobil anda dalam keadaan baik. Namun jika sebaliknya, yakni lampu indikator kuning menyala dengan waktu agak lama, maka bisa dipastikan ECU mobil anda mengalami kerusakan.

Namun, jika memang anda ingin mengetahui secara pasti ECU mobil anda bermasalah atau tidak, maka anda bisa membawanya ke bengkel terdekat. Disana ECU akan dicek dengan alat pengecekan khusus.

Perbaikan ECU dengan Reset Settingan

Jika memang masalahnya lampu indikator kuning pada dasboard mobil anda menyala dalam waktu yang lama saat mesin dinyalakan, anda bisa mencoba memperbaiki masalah ECU ini sendiri, yakni dengan melakukan reset settingan ECU. Selain itu, reset settingan ECU ini juga bisa anda lakukan ketika muncul masalah kelistrikan pada mobil yang mengalami gangguan.

Untuk cara resetnya sangatlah mudah, anda hanya perlu melepas kabel konektor yang dterletak pada aki mobil. Namun, cara ini hanya berlaku pada beberapa mobil saja. Sebab, pada beberapa jenis mobil, seperti mobil keluaran eropa, maka cara ini tidaknya berfungsi.

Baca Juga  Inilah Gambaran Harga Mobil All-new Honda Civic 2017

Cara Memperbaiki ECU Mobil

ECU mobil yang bermasalah memang cukup mudah untuk diatasi sendiri, bahkan bagi anda yang masih awam dalam hal otomotif sekalipun. Jika memang ECU mobil anda mengalami kerusakan, berikut ini beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk memperbaikinya :

  • Perbaikan ECU mobil yang pertama, anda bisa bertuju pada komponen dengan nama elco. Lepaskan semua komponen elco tersebut, lalu menggantinya dengan kapasitas dan tegangan elco yang sama.
  • Pada bagian jalur pcb, anda bisa melakukan pengecekan ulang. Pastikan tidak ada kerusakan pada bagian tersebut akibat hawa udara dan cairan elektrolit yang asalanya dari aki.
  • Selain itu, anda juga harus memastikan kaki-kaki komponen elektronika yang ada pada sirkuit ECU berada dalam kondisi sempurna atau baik.
  • Dan jika memang terdapat kerusakan pada komponen ECU tersebut, alangkah baiknya anda langsung memperbaikinya. Ini bertujuan agar masalah tersebut tidak sampai merambat ke komponen lainnya.

Demikian tadi cara memperbaiki ECU mobil yang bermasalah yang bisa anda coba terapkan sendiri pada mobil anda. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Komentar

error: Content is protected !!